Selasa, 21 Agustus 2012

Pengakuan Mantan Gm Untuk Masalah Cheat Dan Bug


https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjOlEArGP2R7kK6zFOZHTGuNivb0qrm6fpl-2LHQpL4bNOMBUfxLb0dHoFKUvjD5E0xuiFNM1ZYZPC83TMCDYhBdB_VT2erEdF88ffl8x0RaFjaG9bBbrQPBXv53nwJQujtgt-WMXQL-JkX/s1600/Gemscool.jpg

ane dulu pernah kerja di salah satu perusahaan publisher game online di indonesia sebagai GM. kalo skrg sih udah ngga lagi, but anyway mau kasih sedikit penjelasan aja
sekarang kerja di IT monitoring

rata2 (ato bahkan mungkin semua) game online yang di indonesia itu di PUBLISH. bukan di DEVELOP. artinya, kalo ada apa2, itu udah semata2 menjadi "Standard Operational Procedure" untuk ngelapor pada pihak developer (biasanya sih di Korea) dan menunggu jawaban dari mereka.


salah satu tambahan lagi buat mental gamer indonesia, buat ane sendiri yang udah ngerasain dari seorang GM, mereka ngga mau tau serepot apa prosedur atau proses yang harus dilakukan.


ane pun juga udah ngalamin yang namanya "pasrah karena ngga bisa berbuat apa2" dan "seneng karena cheat/bug tersebut udah ngga bisa dipake lagi". but guess what, kalo masalah bug, katakanlah duplikat item dan lain sebagainya belum di fix, itu TIDAK SELALU karena GMnya tutup mata.


ane sekedar share ya. agak mirip analoginya dengan ini:


DEVELOPER -- PRODUK --> PUBLISHER -> PLAYER

ibarat: Nestle/Danone/KhongGuan -- Biskuit Malkist, Pocky, dll --> Indomart, carrefour -> Konsumen

misalnya kalian beli makanan di supermarket. terus ternyata didalem bungkus makanan itu ada katakanlah kecoa mati. masa kalian lapor ke supermarketnya? padahal yang ngebungkus itu si pembuat pastinya (yang baru di shipping ke supermarket), bener ngga?


nah kalo di sistem game online gini, kalian bisa lapor ke kita dan nanti akan kita teruskan ke bagian pihak developer. TAPI masalahnya, laporan bug itu ngga gampang.


tau ngga, rata2 laporan bug itu gimana kalo masuk di email inbox gm?


"kk ada bug dupli benerin pls"

"woi tod ada bug benerin dong becus ga si lu jadi gm"

ya kira2 seperti itulah..


ngga bisa kalo kita langsung laporin ke pihak developer juga. ada yang pernah denger ungkapan seperti ini:


"The easiest and the fastest way to fix a bug is to first know how to reproduce it."


yang artinya, kalo kita ga tau gimana cara membuat bug itu terjadi.. ya bagaimana kita bisa ngebenerin bug itu? ibarat gini, kalian makan seafood (cumi, kerang, udang, ikan, dll) terus sampe rumah badan kalian merah2 dan ternyata alergi. Tentu supaya kita ga kena alergi lagi kita harus tau dong makanan apa penyebabnya, bener ngga? Apa itu cumi nya? Kerangnya? Ato udangnya? Apa semuanya? Intinya sebelum kita tau apa penyebabnya, kita ngga akan bisa menghindari problem yang sama


Ngga bisa tuh kita lapor ke developer cuman bilang "Hi, there is a bug which allows player to duplicate item. Please fix this." NO. kita harus menjabarkan caranya SECARA RINCI (entah itu dari tulisan, maupun video fraps atau puluhan screenshot yang intinya menjelaskan bagaimana bug itu terjadi).


yah, okay, emang itu semua bagian dari jobdesc seorang GM. mempunyai networking yang cukup luas memang penting, soalnya kalo mulai ada laporan bug2 gini, biasa ane pun masuk ke dalam game dan coba ngomong sama beberapa temen deket ane yang udah level tinggi. tapi .. ngga semua pun tau tentang itu. andai mereka tau, belum tentu mereka mau ngomong.


kalo dari player yang *udah tau tapi mingkem doang* aja ngga mau kasih tau, bukankah itu mempersulit kerja seorang GM? sekali lagi, ya memang *cari tau tentang bug* memang jobdec seorang GM, tapi player2 yang level tinggi/terkenal pun ngga semuanya tau. masa kita harus mendedikasikan seluruh waktu kerja untuk cari tau gimana bug itu terjadi? lalu bagaimana dengan laporan hack? pertanyaan2 yang masuk ke inbox GM atau forum2 tetangga yang harus kita pantau? dan juga patch/update baru yang harus segera kita translate ke bhs indonesia? apa ditelantarkan begitu saja demi mencari bug? kan ngga.. kita juga harus bagi waktu Smile


kalo soal masalah player yang menggunakan cheat, kita juga ngga bisa main asal ban setiap terima laporan. kita harus ngeliat mereka saat bermain. dan ane rasa kita semua tau ngga semua cheat *gampang diliat*. contoh aja dulu gunbound, kalo pake aimbot, emang orang lain bisa ngeliat? ngga kan? antara JAGO sama CHEAT itu biasa susah dibedain. dan inilah mental orang indo satu lagi. kalo kalah sama yang level/pangkat lebih rendah langsung deh cocod "CHEATTT!" dan ga pernah mikir "wah emang gw kalah skill mungkin"


sama halnya dengan anticheat. hampir semua game ada protectionnya baik itu xtrap, gameguard dan lain sebagainya. untuk semua yang tembus pun kita juga harus lapor. ini sedikit lebih gampang karena biasanya cheat itu berupa third-party program, jadi kita cukup memberikan screenshot bahwa *nih bisa dipake, kok tembus?* dengan sedikit penjelasan tentang efek di game dan mereka akan terima laporan tersebut.


tapi apa memperoleh program2 seperti itu gampang? percaya ngga percaya, dari jobdec sebanyak itupun salah satunya juga memantau perkembangan cheat, masuk ke forum2 local maupun luar supaya dapet program itu dan riskan ngerusakin kompi kantor (apalagi kalo xtrap, tiap ke detect cheat langsung otomatis restart kompinya)


--> DAN BALIK LAGI.. update untuk game (perbaikan bug) maupun anticheat bawaan dari game tersebut adalah KE-BI-JAK-AN dari developer game maupun anticheat tersebut. kalo kita udah lapor dan mereka belum kasih fix.. kita ngga bisa apa2. masa kita tiap hari nge-grecokin mereka dan bilang dengan gaya player "woi tod mana updatenya biji" .. yang ada license kita diputus langsung


sorry, ane bukan ngebela kinerja GM di publisher indo, tapi cuman mencoba membuka mata para player bahwa jadi GM itu ngga gampang.


ga jarang juga denger kritik pedes, "Halah jadi GM ngurus game aja ga bisa/becus, ke laut aja lu!" ato "Loh lu kan digaji untuk itu, lu dibayar untuk jobdesc tersebut, jgn complain dong!"


biasa sih ane cuman geleng2 kepala aja ya, memang diakui kinerja GM untuk game2 yang udah ada mungkin BELUM maksimal .. dan satu sifat yang harus dimiliki semua GM adalah KESABARAN. SABAR, SABAR dan SABAR. kita dicaci maki, dikritik, dikomentarin, kita ga boleh bales ke mereka


kalo biasa ane curhat ke temen ane pas lagi kesel, biasanya ane bilang,


"If you can do better, prove it; otherwise shut the hell up."

--> kalo lu bisa lebih baik, buktiin, kalo ga diem aja jangan banyak cocod

bener ngga? kalo kalian pikir para GM ga becus ngurusin game, kenapa kalian ga ngelamar jadi GM aja? nanti baru deh kalian tau suka-duka nya menjadi seorang GM tapi selama kalian menjadi player2 biasa, ya terimalah dengan lapang dada bahwa this is probably the best you can get (ini mungkin sudah terbaik yang diberikan oleh para GM)


coba bayangkan kalo semua GM nurutin komentar "ga becus quit aja", mana ada lagi yang ngurus game indo? rata2 pada ga ngerasain jadi GM sih


oh iya btw, di perusahaan publisher game online indo, rata2 GM ga bertanggung jawab atas penjualan voucher/penjualan apapun yang bersifat "offline". itu tugas marketing. kita cuman in-game aja kok

0 komentar:

Posting Komentar