Jumat, 23 November 2012

Ini Dia Komputer Dengan Koneksi Tercepat Di DUnia



Inilah Komputer Super Cepat di Dunia
Superkomputer adalah perangkat komputer yang memiliki kecepatan pemrosesan data mencapai ratusan hingga jutaan kali diatas komputer biasa.

Dengan kecepatan penghitungan datanya yang luar biasa cepat, superkomputer dipergunakan dalam pemrosesan data untuk kebutuhan seperti badan meteorologi dan geofisika untuk prakiraan cuaca, riset terhadap global warming, untuk pemrosesan data (rendering) pada detail dan fisik pembuatan kapal terbang, simulasi peledakan senjata nuklir, riset pemodelan molekul, analiskrip dan lain-lain, yang umumnya dimaksimalkan para pakar sains ataupun dalam dunia militer.
Memori yang digunakan dalam superkomputer (umumnya dikenal RAM) sangatlah berbeda dengan memori pada komputer umumnya, karena dibuat dengan arsitektur khusus yang dapat mendukung bandwidth yang tinggi dengan komponen dan hierarki khusus. Berikut daftar super komputer tercepat di dunia.
Sequoia
Komputer ini resmi didaulat sebagai komputer tercepat di dunia melewati kecepatan komputer super asal Jepang, K Computer, yang dibuat oleh Fujitsu. Seperti dikutip dari Daily Mail, produk terbaru besutan perusahaan hardware IBM ini diklaim memiliki kinerja lebih tinggi, yaitu 16,32 petaflops atau sekitar 16 ribu triliun kalkulasi per detik.
Dari segi efisiensi energi, komputer yang dinamakan Sequoia ini mengonsumsi daya hanya 7,09 megawatt. Adapun K Computer memerlukan 12,6 megawatt. BBC melaporkan bahwa Sequoia mampu menghitung dengan waktu hanya satu jam untuk mengerjakan apa yang dihitung 6,7 miliar orang jika mereka menggunakan kalkulator secara bersamaan selama 320 tahun.
Kemampuan ini tidak lepas dari hardware yang digunakan IBM untuk membuatnya. Menurut pihak IBM, Sequoia menggunakan prosesor IBM Power QBC 16 core dengan kecepatan 1,6GHz sebanyak 98.304 prosesor dengan jumlah total core-nya mencapai 1,6 juta core.
Komputer supercepat yang kini ditempatkan di Laboratorium Nasional Lawrence Livermore Departemen Energi AS itu, tercatat 1,55 kali lebih cepat dibanding komputer K Computer. Sebagai perbandingannya, jumlah prosesor K Computer hanya separuh dari jumlah Sequoia. 
Sequoia sendiri dibuat sebagai alat untuk melakukan simulasi uji coba senjata nuklir sebagai pengganti uji coba senjata nuklir di dunia nyata. Untuk menguji ketahanan Sequoia, pihak laboratorium telah menjalankan software Linpack selama 23 jam tanpa gagal 1 core pun dengan efisiensi hingga 81 persen.
"Sequioa mungkin menjadi yang tercepat, tapi kemampuan sistem komputing yang paling menonjol di sini adalah ia dapat meningkatkan kepercayaan diri dalam upaya pencegahan serangan nuklir," kata kepala administrasi Badan Keamanan Nuklir AS, Thomas D'Agostino. 
K Computer
Komputer buatan Jepang ini tercatat mampu membukukan kecepatan kalkulasi lebih dari 10,5 petaflops setiap detik. K Computer merupakan superkomputer yang dibangun Fujitsu. Perangkat yang ditempatkan di RIKEN Advanced Institute for Computational Science, Kobe, Jepang itu dilengkapi lebih dari 80 ribu unit CPU yang masing-masingnya diperkuat dengan 8 core.
K Computer memiliki 705.024 cores dengan prosesor Sparc64 VIIIfx dengan konsumsi daya hingga 12,66 megawatt. Komputer besutan Jepang sendiri terakhir kali meraih gelar superkomputer di dunia pada 2004 lalu. Kala itu, superkomputer bernama NEC Earth Simulator menjadi andalan.
Profesor Jack Dongarra, Direktur Innovative Computing Laboratory mengatakan, superkomputer ini akan digunakan untuk simulasi gempa bumi, pemodelan iklim, penelitian nuklir, serta pengembangan dan pengujian senjata. Komputer tersebut juga dapat dipakai untuk mengeksplorasi minyak dan menghitung perdagangan saham yang cepat.
Mira
Vendor teknologi raksasa, IBM, terkenal getol mengembangkan superkomputer yang dinamakan Blue Gene. Salah satu versinya dinamakan Mira, yang masuk keluarga Blue Gene/Q yang didesain dengan kinerja lebih hebat dibandingkan versi Blue Gene sebelumnya. Komputer super ini diletakkan di National Labroratory di Illinois, AS untuk melakukan bermacam fungsi. Kecepatannya bisa sekitar 8 petaflop per detik.
SuperMUC
Komputer super asal Jerman ini dikembangkan Leibniz-Rechenzentrum di Munich. Bekerja sama dengan IBM komputer, SuperMUC disebut-sebut sebagai komputer super tercepat di Eropa dengan kecepatan 3 petaflop perdetik. Seperti komputer super yang lain, kinerja yang dimiliki komputer ini akan digunakan untuk mendukung spektrum yang luas dalam penelitian guna menggali wawasan baru. 
SuperMUC juga terhubung dengan sistem visualisasi yang kuat. Tersaji rangkaian data dan tampilan 3D di lapangan yang memberi kemudahan dalam ilmu pengetahuan tentang bumi, astronomi, dan kedokteran. 
Sistem SuperMuc akan menggunakan 18.432 prosesor Intel Xeon Sandy Bridge-EP dan berjalan di server IBM System x iDataPlex. Komputer super ini juga memakai teknologi cooling terbaru di IBM bernama Aquasar yang menggunakan air panas untuk mendinginkan prosesor. 
Tianhe-1A
Superkomputer ini dikembangkan oleh Chinese National University of Defense Technology (NUDT) dan pertama kali diperkenalkan pada 2009. Tianhe-1A merupakan salah satu superkomputer berkecepatan petaflop di dunia. Hal ini ditegaskan oleh Nvidia Corp yang memasok sebagian besar komponen utama dari superkomputer. 
Sumit Gupta, Senior Product Manager Nvidia, menjelaskan bahwa superkomputer Tianhe-1A memiliki kinerja dengan mencatatkan kecepatan kalkulasi 2,6 petaflop per detik berkat 186.368 core dan 229.376 GB RAM. 
New York Times mengatakan kecepatan mesin China adalah ke interkoneksi, teknologi jaringan yang menghubungkan kode individu komputer bersama-sama yang dua kali lebih cepat dari teknologi Infiniband yang digunakan dalam superkomputer lainnya.
Tianhe-1A menggunakan 7168 GPU Nvidia Tesla M2050 dan 14.336 prosesor Intel Xeon X5670. Komputer ini juga tiga kali lebih efisien dalam penggunaan energi. Sistem ini dirancang untuk memiliki daya komputasi setara dengan 175.000 laptop. 
Jaguar
Komputer canggih ini dibuat perusahaan Cray di Oak Ridge National Laboratory yang berlokasi di Tennessee, AS. Jaguar memiliki performa puncak 1,75 petaflop per detik. Komputer super ini didukung 224.256 core prosesor berbasis AMD Opteron x86 dengan memori 598.016 Gigabyte. Komputer ini bekerja pada sistem operasi Linux atau yang dijuluki sebagai Cray Linux Environment. 
Dengan kemampuan komputasinya yang menakjubkan, komputer seharga 120 juta dollar AS ini digunakan untuk mendukung penelitian di berbagai bidang oleh para ilmuwan, dari seismologi, fisika sampai astrofisika.
Superkomputer ini juga didesain khusus untuk melacak pelaku por-nografi anak-anak dengan teknik peer-to-peer dan jaringan untuk berbagi file. Komputer Jaguar dapat mengirimkan peringatan ke polisi, data berupa alamat IP komputer yang memosting materi por-nografi anak-anak ke Internet. Keluhan mengenai maraknya por-nografi anak juga disampaikan oleh National Association to Protect Children. 
Selain itu, superkomputer Jaguar dapat dimanfaatkan untuk objek penelitian yang berhubungan dengan kesehatan, bahkan menangkap sinyal dari ruang angkasa.

0 komentar:

Poskan Komentar