Rabu, 07 Agustus 2013

Gak Semua Program Diet Itu Benar

04.11 By

Ada banyak metode diet yang ditawarkan untuk membantu Anda menurunkan berat badan. Namun, tidak semua program atau cara diet ini bisa diikuti, atau sesuai untuk kondisi tubuh Anda. 

Salah memilih program diet justru akan membuat Anda kekurangan gizi. Bahkan parahnya, beberapa program diet justru mengiming-imingi Anda untuk mengonsumsi junk food. Semua ini bisa menyebabkan kesehatan Anda menurun, dan sering mengalami sakit kepala, mual, pusing, rambut rontok, dan ketidakseimbangan hormon.

Kebanyakan orang juga kerap menjadi korban iklan karena janji-janjinya cukup menggiurkan. Faktanya, banyak orang yang sudah mencoba program diet lewat pil, susu diet, dan lainnya, namun justru jadi depresi karena berat badannya tak kunjung turun.

Sebenarnya, program diet akan bekerja ketika didukung dengan perilaku makan Anda. Selain itu, program diet dengan cara apapun (kecuali sedot lemak) membutuhkan waktu yang cukup lama agar hasilnya maksimal. Oleh karena itu Anda harus mengetahui kriteria program diet yang benar, dan mana yang menipu.

Program dan produk diet yang menipu:
1. Proses penurunan berat badan adalah sebuah perjalanan, bukan keajaiban. Maka jika ada sebuah produk diet yang menyebar janji bahwa mereka bisa menurunkan berat badan dengan instan sebanyak 0,5-1 kg dalam seminggu, maka Anda harus berhati-hati.

2. Membatasi konsumsi makanan tertentu dengan drastis, atau bahkan menghilangkan sama sekali. Atau sebaliknya, merekomendasikan makanan tertentu dalam jumlah besar, bersikeras untuk menyantap kombinasi makanan, atau menawarkan menu makanan yang kaku (tidak bisa diganti-ganti).

3. Produk yang menyiratkan bahwa berat badan bisa diturunkan dan dipelihara tanpa olahraga dan perubahan gaya hidup sehat lainnya.

4. Sebelum mengikuti atau membeli produk diet, ada baiknya mencari nilai gizi dan literatur kesehatannya. Jika ada bahan-bahan penyusun dan proses penurunan berat badan yang bertentangan dengan aturan kesehatan yang dipercaya, pikir-pikir lagi untuk mengikuti programnya. 

5. Setiap orang memiliki kebutuhan kalori masing-masing sesuai usia, berat badan, dan aktivitasnya. Maka itu, makanan yang dibutuhkan pun berbeda untuk tiap orang. Jika produk atau program ini hanya memiliki satu resep makanan yang berlaku untuk semua orang tanpa memperhitungkan kebutuhan individu, sebaiknya hindari saja.

Prinsip program dan produk diet yang baik:
1. Prinsip penurunan berat badan tidak bisa instan, tapi membutuhkan waktu.
2. Mendorong konsumen untuk melakukan kebiasaan makan sehat.
3. Menyarankan konsumen untuk menyantap makanan yang bervariasi, dan seimbang.
3. Tidak menghilangkan asupan makanan utama yang sehat.
4. Mendorong gaya hidup sehat lain seperti olahraga, latihan beban, manajemen stres, dan modifikasi perilaku.
5. Memerhatikan kebutuhan nutrisi tubuh, bukan hanya kalori.
6. Program diet ini bisa membantu Anda mempertahankan berat badan yang stabil.

0 komentar:

Poskan Komentar