Senin, 01 Juli 2013

Efek Rokok Pada Lambung

07.16 By


Efek Rokok Pada Lambung

Ini kabar buruk untuk para perokok. Buat Anda yang punya penyakit lambung atau maag, lebih baik berhenti, karena rokok bisa mengurangi antibodi melawan bakteri perusak lambung.

Beberapa waktu yang lalu, penelitian lain dilakukan atas lambung. Kali ini mereka melakukan penelitian atas efek rokok dan bakteri H.Pylori yang keduanya merupakan zat perusak lambung serta dinding usus dua belas jari. Meroko juga sepertinya menambah modifikasi radang yang terjadi karena bakter H.Pylori. Penelitian ini bertujuan mencari tahu apakah ada hubungannya antara merokok dan infeksi H.Pylori dalam populasi masyarakat Firlandia.

Subyek penelitian dilakukan pada 318 orang Firlandia yang positif mengidap infeksi H.Pylori dan infeksi usus besar. Pasien-pasien ini berusia sekitar 18-75 tahun; 73 diantaranya perokok). Sejarah kesehatan para pasien tersebut dicatat dan diupdate dengan menggunakan suatu sistem tersendiri bernama sistem Sydney.

Hasil dari penelitian tersebut, merokok memang mempengaruhi baik peradangan yang terjadi pada lubang yang ada dalam lambung, maupun mengecilnya organ tubuh tersebut. Dalam bagian lambung, para perokok menunjukkan kronik ringan dan peradangan dalam darah, sedikit terdapat pengecilan organ tubuh (atrophy). Pada para perokok, serangan bakteri H.Pylori lebih kuat pada lubang lambung tetapi tidak terlalu kuat pada tubuh lambung sendiri.

Merokok sepertinya mengurangi peradangan dalam tubuh lambung dan menunda perubahan (mengecilnya) organ lambung. Kemudian, adanya bisul atau luka dalam usus dua belas jari meningkat, tetapi bisul atau luka dalam lambung tidak. Merokok juga mengurangi cairan serum IgG antibody melawan bakteri H.Pylori dan persentase mereka menurun setelah penghilangan yang sukses, ada kemungkinan mempengaruhi kemanjuran serum yang digunakan saat diagnosa.

Para perokok yang diteliti berusia lebih muda dibandingkan para pasien yang tidak merokok, tapi saat penelitian dilakukan pada subyek berusia sama, perbedaan yang terjadi tetap sama. Kesimpulannya, pada perokok yang juga penderita maag yang disebabkan karena bakteri H.Pylori, merokok mengurangi peradangan dan perubahan atau pengecilan organ tubuh dalam lambung, begitu juga respon yang berbentuk cairan abnormal pada bakteri H.Pylori.

Bagaimana rokok memicu tukak lambung? Berdasarkan pustaka, mekanisme yang terjadi belum diketahui pasti namun diduga produksi prostaglandin pada lambung dihambat sehingga perlindungan terhadap mukosa lambung berkurang dan resiko tukak meningkat.

Stress dapat memicu tukak lambung karena dalam kondisi stress sangat dimungkinkan orang akan melakukan tindakan yang beresiko terjadinya tukak lambung seperti merokok, mengkonsumsi obat NSAID atau alkohol. Nah, masih mau nekat jadi perokok?

0 komentar:

Poskan Komentar