Rabu, 25 September 2013

Kok Semua Bayi Panggil Mama ya?

04.04 By

Bayi yang baru lahir biasanya akan sangat menggemaskan dan mencuri hati banyak orang. Selain masih kecil dan imut-imut banget, mereka juga punya celotehan yang khas. Nah, selama ini, setiap kali seorang wanita memiliki anak, atau bahkan sedang mengajak bicara bayi kecil, suka mencoba mengajak bayi bicara.
Seringnya, bayi akan berkata, "Mmm..mam..ma.. Mama," dan sang ibu akan senang sekali ketika bayi bisa menyebut kata tersebut. Hal ini pun sebenarnya menjadi salah satu misteri unik. Mengapa semua anak bayi terlahir dengan menyebut 'Mama'?


Dilansir dari WorldFacts, sebenarnya panggilan Mama itu bukan sepenuhnya berhubungan dengan sebutan untuk orang tua mereka. Hal ini dibuktikan lewat sebuah penelitian dari seorang ahli bahasa Rusia, ROman Jakobson. Ia mengatakan bahwa, manusia paling mudah mengucapkan sesuatu sesuai dengan gerakan mulutnya.

Oleh sebab itu, kebanyakan bayi akan berceloteh dengan menggunakan huruf m atau b, seperti "M-m-mamma..baba..papa," yang lebih bisa dilakukan bayi di awal-awal masa ia berlatih bicara. Hal ini juga berhubungan dengan sesuatu yang enak. Karena saat masih bayi, manusia belum bisa melakukan banyak hal selain makan dan minum.

Bayi yang ingin minta ASI pada ibunya atau berada dekat dengan payudara ibu, cenderung akan mengeluarkan suara, "Mmmm.." Istilah ini menjadi pengganti seolah ia mengatakan 'aku ingin makanan'. Sama seperti ketika kita mencium aroma makanan enak, kita akan bergumam, "Mmmm.. enaak."
Beberapa bayi memang belajar untuk menyebutkan apa yang diajarkan oleh orang tua mereka. Namun ternyata, sebenarnya panggilan Mama itu dimulai dari naluri seorang bayi yang ingin minta makanan pada orang tuanya. Namun secara bertahap, panggilan Mama dan Papa itu akan benar-benar menjadi sebutan untuk seseorang dalam kehidupan mereka.

0 komentar:

Poskan Komentar